Subscribe biar nggak ketinggalan video-video main game balapan mobil terbaru!

Rabu, 06 Maret 2013

Aturan Baru Smartfren Prepaid Unlimited Mei 2013

Jika anda adalah pelanggan Smartfren, tentu tahu Smartfren memiliki jenis layanan unlimited harian dan bulanan dengan skema yang berbeda dengan layanan sejenis dari ISP lain. Meski memiliki sama-sama fair usage policy smartfren menerapkan aturan yang berbeda untuk jenis layanan unlimited-nya. Jika ISP lain menerapkan aturan fair usage bulanan, Smarfren menggunakan aturan fair usage harian.

Sebagai contoh untuk paket reguler bulanan dengan harga langganan 45 ribu per bulan, Smartfren menerapkan fair usage policy 200 MB per hari. Artinya, jika penggunaan dalam satu hari melebihi 200 MB, maka kecepatan akan turun ke kecepatan FUP (fair usage policy). Dan di hari berikutnya, kecepatan akan kembali normal. Tetapi sayangnya aturan ini ternyata telah berubah dan berlaku sejak tanggal 1 Mei 2013.

Hal ini pertama kali saya ketahui,
ketika saya ingin mengecek status langganan saya yang memang berakhir pada hari ini (6 Mei 2013). Perubahan pertama yang nampak adalah pada sistem login yang sekarang diubah menggunakan email.

Setelah proses migrasi selesai, saya login menggunakan email, selanjutnya saya disuguhi tampilan yang juga baru. Semua informasi berada dalam satu halaman yang menurut saya jauh lebih nyaman dibanding sebelumnya.

Kemudian setelah sedikit melakukan eksplorasi, seperti biasa, perhatian saya terpusat pada scroll ticker (berita berjalan) di pojok kanan atas. Dalam scroll ticker tersebut berisi berita sebagai berikut,
"Selamat Datang : Selamat datang di portal data Smartfren.
Paket Internet : Pelanggan Yth, Per 1 Maret 2013, Smartfren telah memperbaharui paket SF Connex Unlimited menjadi SF Connex Neo Unlimited dengan Kecepatan Akses yang lebih tinggi. Info lengkap mengenai layanan ini dap...
 "

Awalnya saya pikir
Ah tidak masalah hanya berganti nama. Kemudian di bagian akhir ada embel-embel,
"...dengan kecepatan yang lebih tinggi."

Seketika refleks pikiran saya adalah suudzon (berpikiran buruk). Karena memang jarang layanan semacam ini benar-benar mengubah aturan demi keuntungan konsumen. Maka kemudian saya cek pada bagian Prepaid Unlimited.

Dan ternyata benar dugaan saya.

Paket Smartfren Connex Neo Unlimited

Disana tertulis jelas mengenai FUP,
  • Neo Premium Daily -  300MB / 1 hari
  • Neo Premium Monthly - 6GB / 30 hari
  • Neo Regular Monthly - 2 GB / 30 hari
  • Xtra Premium -  15 GB / 30 hari

FUP untuk sekarang berlaku bulanan! Itu artinya jika kita terlanjur menghabiskan kuota FUP di awal bulan, kita harus rela menggunakan internet hanya dengan kecepatan FUP hingga masa langganan paket berakhir. (T_T)

Coba kita hitung
Seberapa rugi/untung jika anda (dan saya) menggunakan paket reguler bulanan seperti saya. Saya asumsikan pemakaian harian untuk browsing adalah 300 MB.

Aturan awal,
FUP harian 200 MB x 30 hari = 6000 MB (6 GB) perbulan.
Maka yang berlaku dalam satu hari adalah,
200 MB dengan kecepatan 384 Kbps, 100 MB dengan kecepatan FUP.
Dan kita tidak perlu khawatir akan merasakan FUP di akhir bulan karena FUP di reset setiap berganti hari.

Aturan baru,
FUP bulanan 2 GB / 30 hari = 66.67 MB perhari.
Maka yang berlaku dalam satu hari adalah,
300 MB selama 7 hari pertama dengan kecepatan 512 Kbps, 300 MB selama 23 atau 24 hari sisanya dengan kecepatan FUP.
Jika kita ingin bebas dari FUP hingga akhir bulan, maka pemakaian harian haruslah dibawah 66.67 MB perhari.

Tapi bisa saja, hal ini berimbas pada produktivitas harian kita. Dan lagipula jika hanya menggunakan 66.67 MB perhari, maka jumlah data yang kita konsumsi dalam satu bulan hanya sekitar 2 GB saja. Sangat tidak cocok jika penggunaannya seperti saya, yaitu koneksi dibagikan melalui wifi untuk digunakan oleh beberapa anggota keluarga dirumah dengan perangkatnya masing-masing (komputer, notebook, netbook, tablet, smartphone dan handphone).

Berbeda dengan aturan awal, jika ingin bebas FUP pada malam hari, maka pemakaian harian harus kurang dari 200 MB. Dalam satu bulan kita bisa mengkonsumsi hingga 6 GB data.

Dan satu lagi, dengan kecepatan yang lebih tinggi, lebih cepat data yang kita konsumsi, maka lebih cepat pula kita mencapai FUP.

Kemudian ada keterangan tambahan,
  1. Berlaku aturan pemakaian wajar, kecepatan s/d 153 Kbps
  2. Berlaku mulai 1 Maret 2013
  3. Tarif sudah termasuk PPN, waktu mengikuti zona WIB
  4. Setelah masa berlaku paket habis, maka pelanggan akan dikenakan tarif regular sesuai dengan tarif dasar layanan data
Pada poin nomor satu tertulis, kecepatan FUP tetap sama dengan aturan lama yaitu 153 Kbps yang berlaku untuk semua jenis paket unlimited. Yaa, meskipun masih lumayan daripada ISP lain yang menerapkan kecepatan FUP sebesar 64 Kbps seperti ketika AHA mengubah aturan FUP-nya beberapa tahun lalu.

Kemudian pada poin nomor 4, ternyata tidak berubah. Padahal harapan awal ketika membaca bahwa,
"...SF Connex Unlimited menjadi SF Connex Neo Unlimited...".

Saya lebih berarap kebijakan ini berubah menjadi,
"Setelah masa berlaku paket habis, maka paket akan otomatis diperpanjang jika pulsa mencukupi.".

Tapi mungkin ini memang strategi Smartfren supaya pelanggan beralih ke EVO Connex jika menginginkan kepraktisan.

Solusi alternatif (mungkin)
Jika anda mungkin seperti saya yang konsumsi hariannya cukup tinggi atau menggunakan Smartfren untuk dibagikan melalui wifi, mungkin bisa mencoba,

paket premium harian
FUP 300 MB per hari, jelas sepertinya sangat cocok karena memang penggunaan harian saya berkisar pada angka tersebut.

Dengan tarif Rp 7.500,-, artinya dalam satu bulan kita harus membayar (7500x30) Rp 225.000,-. Dan saya rasa TIDAK!

Dan juga (merujuk pada poin kebijakan nomor 4) yang akan merepotkan karena Smartfren tidak secara otomatis memperpanjang paket unlimited ketika masa berlaku paket habis meskipun pulsa masih mencukupi.

Paket premium bulanan
Dengan tarif Rp 90.000,-, saya rasa masih bisa ditolerir.

FUP 6 GB per bulan, artinya kita dapat mengkonsumsi 200MB per hari. Atau jika harus lebih, misal 300 MB per hari maka kita harus rela merasakan FUP di {[(300x30)-(6000/30)]/300}=10 hari terakhir.

Dengan pertimbangan konsekuensi 10 hari tersebut, saya memutuskan untuk : pikir-pikir. Apalagi dengan kecepatan 1 Mbps kemungkinan besar akan digunakan oleh adik-adik saya untuk pesta youtube tanpa harus merasakan bermain snake di youtube.

Untungnya
Saya membeli modem Smartfren Huawei EC1261-2 unlocked. Sehingga tidak akan seperti pengalaman 1 tahun yang lalu ketika saya harus meninggalkan AHA karena kebijakan AHA untuk menghilangkan paket ekonomis harian dan mingguan. Dimana saya harus membeli modem baru karena modem AHA yang terkunci tersebut tidak dapat digunakan untuk kartu SIM dari operator lain.

Paket internet saya bulan ini habis pada hari ini (6 Maret 2013) jam 19.00. Dan mungkin saya akan memanfaatkan sisa waktu untuk mencari informasi paket atau layanan operator alternatif.

Atau,
mungkin saya akan tetap menggunakan paket reguler bulanan. Anggap saja kecepatan paket reguler bulanan diturunkan menjadi 153 Kbps tanpa FUP. Dikarenakan biaya operasional penyedia jasa internet naik akibat naiknya tarif dasar listrik dan upah minimum pegawai. Dan 512 Kbps pada 2 GB pertama merupakan bonus dari smart. Sehingga mudah-mudahan kita dapat ikhlas dan tabah menghadapi semua ini :D

Dan saya sarankan setelah membaca ini anda jangan membaca berita tentang koneksi internet pribadi berkecepatan 40 Gbps milik seorang nenek berusia 75 tahun (sekarang 80 tahun) untuk mengantisipasi timbulnya iri hati dan kekecewaan berkelanjutan :)

Barangkali anda ingin berburu tawaran dari operator lain, mungkin bisa coba mampir ke Mega Bazaar Computer 2013 yang dilaksanakan mulai hari ini. Semoga berhasil \'o'/

22 komentar:

DownloadMania mengatakan...

jangan mau deh pake smartfren, paket terbaru ini sngat2 merugikan,
saya sudah terlanjur beli paket smartfren neo unli 49rb tgl 3 maret kmaren, tapi FUP habis 7 maret gue pake DL film bokep XD, dan apa yg terjadi stelah FUP habis?? DL cuma dpt 5kbps - 10kbps, ibarat "HIDUP SEGAN MATI TAK MAU" dan akhirnya daripda saya emosi terus sampe akhir bulan mending sya coba pake axis dan hsilnya cukup memuaskan mnurut saya. :D

gue bandingin paket smartfren neo unli 49rb FUP 2GB, sma Axispro unli 49rb FUP 1,5GB, gue coba DL film bokep lagi XD, nih statistiknya :
TES masih ada quota FUP
-smartfren DL:50kbps - 70kbps << makin cepet dri pket unlimit sebelumnya :D
-AxisPro DL:300kbps-800kbps << gilaa 10x lebih cepet dri smartfren :D
Quota FUP habis
-smartfren DL:5kbps-10kbps << bikin emosi :v
-AxisPro DL:20kbps-30kbps << lumayan :D

#Disini saya gak menyuruh anda untuk beralih ke Axis / provider GSM lainnya, krena saya gak mau kalian seperti saya yg merasa kecewa sma si smartfren ini XD,

goodbye smartfren sya akan kembali jika paketnya seperti dulu. :D

Ega Zulfikar mengatakan...

yang ribet sebenernya bukan smartfrennya, tapi sayanya xD

Ega Zulfikar mengatakan...

kalo dari angka-angka yang mas sebutin itu sepertinya bukan dalam satuan kb (kilobit) ya? tapi kB (kilobyte)..

hahaha :D itu azab internet atas dosa membokep mas..
5-10 KBps (sekitar 40-80 kbps), itu menurut saya kalau sekedar untuk browsing lancar mas. dengan catatan, stabil. tapi untuk youtube atau download, ya harus pandai2 mengelola emosi..

terus soal Axis, memang sih kecepatan 10x lipat lebih cepat, tapi juga artinya kuota 10x lipat lebih cepat habis. hehehe... dan juga kuota full speed hanya 75% dari yang ditawarkan smartfren.

nah, kecepatan download setelah kuota habis ini yang layak jadi pertimbangan. dengan harga yang sama, anggap aja axis sedikit lebih kenceng, walopun bonusnya lebih sedikit. (ini bukan kalimat informasi, tapi kalimat ilmu ikhlas) :DD

tapi atas referensi dari mas, atas saran mas, mungkin saya nanti mempertimbangkan axis juga. (walopun sudah terlanjur beli paket untuk bulan ini). setidaknya dipake mulai bulan depan :D. kebetulan ada modem GSM nganggur juga..

tapi mungkin nanti satu yang bakal jadi kendala. kalau2 di tempat saya axis cuman dapat sinyal edge -_____-

Ega Zulfikar mengatakan...

setelah baca2 dikit di situs axis, beberapa informasi yang saya dapat tentang AxisPro:

Monthly Basic,
- 49ribu perbulan. << sip
- quota (ternyata) 500MB << pikir2
- quota 1,5 GB adalah kuota promo << pikir2
- FUP, 128 kbps << lebih kecil dari smartfren (153 kbps) << not good

jadi, dowload speed sebenarnya (full) setelah FUP, antara smartfren dan axis seperti ini
- smarfren = 153 kbps = ~20 KBps
- axis = 128 kbps = ~16 KBps

tapi tentu ada beberapa hal yang mempengaruhi hasil akhir seperti kualitas dan kapasitas jalur dan server, banyaknya pengguna yang sedang menggunakan dalam satu waktu, dll..

berdasarkan pengalaman, smartfren optimal pada jam2 pagi. dan payah pada jam2 antara 15-18 dan 19-22..

Jangan Tanya Nama Gw mengatakan...

Sama Aja... Mendingan Loe bli Modem Speedy yang 512Kbps Dari Pada nggak mau modem colok.. Murah kok Perbulan nya cma nggak sampe 200ribu..

Ega Zulfikar mengatakan...

siapa juga yang nggak mau modem colok bro :D
sama-sama 512 Kbps dengan kuota FUP 50% lebih banyak tapi harga 6x lipat (295rb) ? i dont think so
baca sini http://telkomspeedy.com/paket-harga
dan berdasarkan pengalaman, speed FUP adalah 64kbps. OGAH BANGEEETTT.. dulu saya ninggalin AHA gara2 FUP yang jadi seupil gitu.

Ega Zulfikar mengatakan...

belom lagi biaya abonemen dan lain2

Jangan Tanya Nama Gw mengatakan...

Yahhh nggak Juga. Klo lo ngertiin jga nggak ribet. makanya janga lo ambil pusing

Jangan Tanya Nama Gw mengatakan...

jadi milih yang mana lo skarang. Speedy/SmartFren

Jangan Tanya Nama Gw mengatakan...

-_-

Ega Zulfikar mengatakan...

kalo ntara speedy dengan smartfren, jelas smartfren dong. ogah banget saya pake speedy..
baca postingan "Koneksi 40 Gbps Sigbritt 2013"
disitu ada pengalaman saya pake speedy juga

Reky Wiryanto Bongso mengatakan...

saya mah mending nebeng di wifinya tetangga XD

Ega Zulfikar mengatakan...

disini yang ada tetangga nebeng ke wifi saya -_-

Zippy mengatakan...

Di Jayapura sini belum ada Smartfren, alhasil gak berpengaruh soal adanya aturan baru tersebut, hihihih... :D

Ega Zulfikar mengatakan...

pake apa om ganteng? :D :P

Laoosoo mengatakan...

wah buat bermain camfrog, smartfrren paket Rp. 49.000 sekarang udah ga bisa dukung main cf optimal lagi , untuk lihat 'cam orang' atau denger musik dj dari speed download, dan speed download sy 469 kbps (58.6 KB/sec transfer rate) masih aman lah itu ga masalah tapi karena untuk 'take mic' atau 'oncam' itu dari upload speed, sedangkan upload speed 23 kbps (2.9 KB/sec transfer rate) dan karena kebijakan setelah 1 maret itu selalu dc mulu ga jelas.. yah karena mungkin FUP itu ya..karena cf biasanya uplink/downlink ampe gb-an.


Sebelum kebijakan 1 maret itu smartfren layanan bagus banget dan setelah 1 maret ini sangat payah! dan sayang nya baru baca artikel agan setelah isi paket unlimited lg.. asemmm...



yah emang harus GANTI MODEM n PROVIDER broooo!!!

Ega Zulfikar mengatakan...

santai aja bro. saya juga kemarin udah isi ulang 50ribu. habis itu, buang jauh2. hahaha.. lha mau gimana lagi. nggak kepake juga sih. nggak bisa dipake. nggak layak dipakek

Laoosoo mengatakan...

ya nih mesti ganti bro,,

saya berlangganan dari awal modem mahal fren 500 ribuan 'mobi' sampe beralih ke modem smartfren yang sekarang.. baru kali ini aja kebijakan smartfren "1 maret" seperti merenggut kebebasan saya #huasem hhe

oiya gan mohon suggest dan share yah gan provider/modem sekalian info harga yg sekiranya koneksi mantap harga terjangkau hehe thx gan.

Ega Zulfikar mengatakan...

saya sih sekarang pindah ke flexiNet Unlimited bro. dapet 153Kbps. tapi ada beberapa problem kalo dipake di router TP-LINK TL-MR3220/3420..
baiknya tunggu ulasan dulu hari ke7 FlexiNet Unlimited di http://blog.tipituner.net/ beberapa hari mendatang :)

kalo mau lebih oke lagi, bisa pake paket unlimitednya Flexi Mobile Broadband. coba paket GET harian. harga 2500 perhari, quota FUP 300MB.. lumayan kan tuh. walopun jatuhnya 25rb lebih mahal dari reguler 50rb smartfren, tapi speed lebih lega lah pokoknya..

Yudha Abdul Ghani mengatakan...

Gan saya mau tanya:
saya kan baru pakai smartfren SF Connex Unlimited, itu pun didaftarin sama orang gallery smartfrennya,, nah yang mau saya tanyakan:
1. Untuk memperpanjang layanan unlimited itu bagaimana, apakah saya cukup dg isi pulsa ulang 100rb dan otomatis akan berlanjut layanan SF Connex Unlimited ? coz terakhir saya pakai pulsa yg 100rb and bentar lagi mau habis :D
thanks gan :)

hiruma mengatakan...

pakek SSH aja bro

ninis mengatakan...

kalo ak pake yg evo, jadi gak bisa balik lagi ke paket biasa euy

http://www.smartfren.com/ina/connex-evo/